menu Home chevron_right
New Release

Phonetic Rilis EP Album Hope, Made My Day

Bli Putu | February 10, 2022
Phonetic

Hope, Made My Day merupakan mini album / EP dari Phonetic, unit alternative-pop asal Bandung yang kental akan nuansa electronic dance-rock. Dari cara mereka memilih jenis ketukan, selipan-selipan, fills-in, hingga aneka shout & chants, tampak ada kematangan musikal yang Phonetic coba tawarkan sebagai band baru.

Dalam EP ini terdengar catchy, bahkan berhasil mengajak mulut terbawa-bawa untuk mengikuti bagian-bagian lagu yang memantik sistem indera – mulai dari riff gitar, unsur funk, ketukan drum yang tegas namun kaya irama, lapisan-lapisan hook yang masih terasa ‘indie’, hingga cara bernyanyi yang repetitif dalam melantunkan tonal-tonal easy-listening.

EP Hope, Made My Day, hadir sebagai susunan audio yang tidak hanya penuh akan suara, dan segar dari segi warna. Segera terasa, bahwa semua elemennya ‘diaduk’ dengan cara yang baik, sehingga bersatu-padu di dalam sebuah atmosfir bunyi – yang tidak heran jika membuat siapa saja penasaran untuk menyaksikan Phonetic secara live.

Tanpa bermaksud meng-generalisir atau menyempitkan pemaknaan akan suatu karya musik, Hope, Made My Day adalah sapaan hangat dari Phonetic berisi layanan audio bernuanasa elecetric dance-rock, sebuah gaya musik yang populer di zaman lawas. Phonetic tetap membalut genetika musiknya dengan modern-attitude yang juga disukai segmen-segmen di luar dance-rock, funk-soul, atau jenis-jenis musik lain dari era disko. Bisa disimak, melalui hadirnya kreasi sound-design berjenis overdrive, reverb, dan vocoder dalam takaran yang cukup – sehingga Hope, Made My Day tetap universal.

Melalui Hope, Made My Day, Phonetic berupaya agar karya-karyanya kelak melekat di kalangan remaja-dewasa, para music-lovers di rentang usia 18-35 tahun. Belum lagi adanya literasi yang mengandung positive-vibrate, yakni beberapa potongan lirik optimistis nan penuh percaya diri. Kampanye musikal ini tak hanya bisa menambah daya tarik, namun juga menjadi sumbangsih terhadap narasi publik hari ini, bahwa setiap perbaikan hanya akan hadir dari upaya diri sendiri – tidak menunggu pihak lain. Sebuah sikap mental yang dimanifesti ke dalam lirik.

Sebagai band Bandung – yang di mana kota ini dikenal akan kekuatan genre-genre musik tertentu, sebagai simbol suatu komunitas atau tren – Phonetic terlihat senada dengan energi percaya diri dari ‘jargon’ di atas. Phonetic melakukan debutnya, justru sebagai band baru yang tidak menawarkan produk musik berdasarkan warna-warna yang sedang marak di suatu kalangan atau tempat.

Bicara soal warna musik – atau ‘resep musik’ Phonetic dalam ‘memasak lagu’ – band dengan 4 (empat) orang personil ini telah menjadi pengusung era new-pop di Indonesia. Walau tidak menutup kemungkinan, masih akan ada band-band lokal atau global yang juga memiliki kesamaan ‘bumbu dasar’, Phonetic akan tetap punya ‘cara masak’ tersendiri, untuk turut mengembangkan new-pop / new-wave sebagai brand atau komoditas baru di pasar musik yang kian heterogen.

Perilisan EP Hope, Made My Day rencananya hari jumat tanggal 5 November 2021 dengan single terdahulu Make It Better dan Stay di semua platform digital.

Written by Bli Putu

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply





  • cover play_circle_filled

    01. Exodus
    Symphony of Silence

  • cover play_circle_filled

    02. Jeda
    for Revenge

  • cover play_circle_filled

    03. Serein
    Threesixty

  • cover play_circle_filled

    04. Stay
    Phoenetic

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play