menu Home chevron_right
New Release

VERN Rilis Lagu Yang Terinspirasi Dari Pandemi

Bli Putu | January 5, 2022
Vern

Band Rock asal Jakarta, VERN, kembali merilis single mereka yang ke-3 pada 9 Desember 2021, Not The End. Vern kembali menampilkan sesuatu yang berbeda dengan dua single mereka sebelumnya. Dengan balutan musik rock yang lebih berenergi dan sound yang lebih modern, serta lirik yang positif dan bersemangat, komposisi ini diharapkan dapat membangkitkan energi positif bagi para pendengarnya.

Lagu ini terinspirasi dari kondisi pandemi yang melanda seluruh belahan dunia selama hampir 2 tahun terakhir. Melihat kondisi dunia saat ini, terutama di Indonesia, begitu banyak pihak yang terdampak oleh pandemi ini. Lagu ini dibuat untuk membangkitkan semangat para pendengar agar tidak menyerah dan segera bangkit dan berjuang kembali. Karena ini bukanlah akhir dari segalanya, melainkan sebuah awal untuk memulai lembaran baru.

Draft pertama lagu ini dibuat oleh Budi (gitar) pada bulan Juni lalu. Dengan konsep musik yang tetap mengusung musik rock dengan sentuhan nuansa emo, lagu ini diharapkan bisa memberikan emosi yang lebih positif dan memberikan semangat pada para pendengarnya. Setelah mendengarkan draft lagu ini, para personil memutuskan untuk membuat lirik mengenai kondisi pandemi saat ini untuk membangkitkan semangat kepada yang terdampak dan juga seluruh pendengar. Budi akhirnya menuangkan ide tersebut ke dalam lirik lagu ini, meskipun tidak secara spesifik menggambarkan kondisi pandemi.

Setelah beberapa kali jamming dan workshop untuk aransemen musik, pada bulan Oktober lagu ini mulai direkam. Masih menggandeng label independen Spadan Swara, Akbar selaku produser memberikan banyak masukan terkait dengan sound dan aransemen hingga memberikan nuansa yang lebih modern, energetik dan megah. Yogi (drum), personil baru Vern, sudah mulai memberikan dinamika tersendiri dari ritmik musik Vern pada lagu ini yang dirasa cukup berbeda dari 2 single sebelumnya.

Beberapa sound fx ditambahkan untuk memberikan dinamika pada lagu. Proses produksi lagu ini selesai pada bulan November. Sedangkan Mixing dan Mastering, yang juga dikerjakan oleh Spadan Swara selesai pada akhir November. Setelah semua proses selesai, Vern sepakat untuk merilis single tersebut pada 9 Desember 2021 di platform online seperti Spotify, iTunes, Apple Music, Amazon Music, Deezer, Tidal, Youtube, Resso, dan platform lainnya.

Pada tahun 2022, Vern akan merilis EP / Mini Album pertama mereka yang juga akan memuat beberapa materi yang dirilis pada 2021 ini. EP / Mini Album ini akan dirilis terlebih dahulu dalam bentuk rilisan fisik.

Written by Bli Putu

Comments

This post currently has no comments.

Leave a Reply





  • cover play_circle_filled

    01. Exodus
    Symphony of Silence

  • cover play_circle_filled

    02. Jeda
    for Revenge

  • cover play_circle_filled

    03. Serein
    Threesixty

  • cover play_circle_filled

    04. Stay
    Phoenetic

play_arrow skip_previous skip_next volume_down
playlist_play